GAK CUMA RASANYA YANG BIKIN KETAGIHAN, MANFAAT DI BALIK WARNA KELAMNYA PUN MEMBUAT ORANG ENGGAN BERPALING DARI “MAKANAN PARA DEWA” INI. HMMM………

Cokelat
Secangkir cokelat hangat dengan aromanya yang harum tentunya menggugah rasa untuk segera diseruput. Hmmm… rasanya nikmat sekali saat rasa manis itu mulai mengalir dalam mulut. Yummy!
Cokelat Tak Sekelam Warnanya Cokelat indentik dengan nama makanan dan warna. Sebagai makanan, cokelat yang berasal ddari buah kakao ini ternyata memiliki khasiat yang tidak sekelam warnanya. Sejak di perkenalkan sebagai olahan minuman oleh bangsa Aztec di Amerika Serikat, cokelat terus digandrungi oleh banyak orang di seluruh dunia.
Dalam kebudayaan suku Maya, Toltec, dan Aztec (benua Amerika), kakao atau cokelat sangat penting hingga mereka pun menggunakannya sebagai mata uang, upacara keagamaan dan hadiah. Konon, cokelat merupakan simbol status penting di masa itu. Bahkan suku Aztec menyebut cokelat sebagai theobroma (bahasa Yunani) yang artinya “makanan para dewa”.
Cokelat itu Nikmat. Apapun jenis dan warnanya, rasa cokelat tetap menggoda. Ada dua jenis cokelat yaitu dark chocolate dan white chocolate. Olahan dari kedua jenis cokelat inilah yang kemudian menghasilkan minuman cokelat dan cokelat batangan dengan beraneka ragam rasa dan isi.
Walaupun cokelat itu nikmat, banyak orang yang beranggapan cokelat sebagai musuh utama diet. Sebenarnya yang berbahaya adalah tambahan kandungan gula yang berlebihan dalam cokelat olahan. Namun, jika biji kakao ini diolah dengan tepat maka kahsiatnya justru luar biasa dan tidak berbahaya bagi tubuh.
Jenis Cokelat
Jenis Cokelat
Tahukah Kompasianaer?
    Cokelat musa
  • Kandungan zat flavonoid dalam cokelat merupakan antioksidan yang berguna menyehatkan jantung dan mencegah kolesterol ‘jahat’ LDL penyebab serangan jantung.
  • Jenis dark chocolate (cokelat pahit/hitam) memiliki kandungan flavonoid lebih tinggi dari pada white chocolate (cokelat putih).
  • Cokelat dapat membangkitkan perasaan senang dan positif.
  • Cokelat murni memiliki kandungan lemak rendah sehingga tidak menggemukan tubuh.
Sumber : newsletter simPATI Zone (April - Juli 2006)
Gambar : Google Pic

date

0 saran, Bagaimana Menurutmu? Klik to “Sensasi Cokelat. nYumm Nyumm!!”